Menggunakan PCMAV dengan Parameter

Sejak PC Media Antivirus (PCMAV) 1.0 Final Release, dikenalkan adanya fitur baru yang sebelumnya tidak terdokumentasikan yaitu adanya parameter yang dapat digunakan ketika menjalankan PCMAV. Parameter-parameter yang saat ini dapat digunakan adalah:

* /REGSHELL
Untuk menampilkan pilihan “Scan with PCMAV” pada saat klik kanan file yang akan di-scan.
* /UNREGSHELL
Untuk menghapus pilihan “Scan with PCMAV”.
* /FORCE
Mengizinkan PCMAV untuk memaksa membersihkan file yang terinfeksi.
* /REGCLEAN
Mencoba mengembalikan registry dan setting “Tools Folder Options” ke kondisi default.
* /NOMEM
Tidak perlu scan memory.
* /NOSTARTUP
Tidak perlu melakukan scan pada saat startup PCMAV.
* /NOUPDATE
Tidak perlu melakukan cek update.

Melalui Command Prompt

Buka Command Prompt (Start — Programs — Accessories — Command Prompt), kemudian ketikkan path (alamat lengkap) file PCMAV-CLN.exe dengan memberikan tanda petik (double quote) pada awal dan akhirnya kemudian diikuti satu atau lebih parameter PCMAV yang akan diterapkan seperti contoh berikut:

“F:PCMAV!P-C-M-A-V F-I-N-A-L!pcmav-cln.exe” /regshell /nostartup /regclean

Penggunaan tanda petik di atas diperlukan jika dalam path file tersebut ada direktori yang namanya mengandung spasi.

Setelah masuk ke Command Prompt, kita juga dapat masuk terlebih dahulu ke direktori PCMAV, dan di sini kita dapat langsung mengetikkan pcmav-cln-exe dengan diikuti parameter yang akan digunakan seperti contoh berikut :

pcmav-cln.exe /nostartup

Melalui Start — Run

Untuk menggunakan PCMAV dengan parameter yang diperlukan, kita juga dapat memulainya dengan klik Start — Run. Pada jendela yang muncul, klik Browse.. dan arahkan ke direktori PCMAV dan klik pilih file PCMAV-CLN.exe. Nantinya pada kotak isian Open akan terisi path file tersebut, akan diapit tanda petik jika ada direktori yang namanya mengandung spasi. Di sini kita tinggal menambahkan spasi dibelakangnya diikuti parameter-parameter yang akan digunakan dan masing-masing dipisahkan dengan spasi. Jadi kotak isian Open isinya akan sama dengan cara ketika mengetikkan langsung melalui Command Prompt seperti dicontohkan di atas:

“F:PCMAV!P-C-M-A-V F-I-N-A-L!pcmav-cln.exe” /regshell /nostartup

Baru setelahnya, klik OK.

Melalui Shortcut

Shortcut yang dicontohkan disini adalah shortcut yang nantinya akan diletakkan di desktop. Untuk membuatnya, klik kanan pada desktop, kemudian pilih New — Shortcut. Pada jendela pertama yang muncul, klik Browse.. dan arahkan ke direktori PCMAV dan klik pilih file PCMAV-CLN.exe. Nantinya pada kotak isian Type the location of the item akan terisi path file tersebut, akan diapit tanda petik jika ada direktori yang namanya mengandung spasi. Di sini kita tinggal menambahkan spasi dibelakangnya diikuti parameter-parameter yang akan digunakan dan masing-masing dipisahkan dengan spasi. Jadi sama seperti cara melalui Start — Run di atas. Selanjutnya klik Next dan pada kotak isian Type a name for this shortcut, isikan dengan nama shortcut terserah kita. Setelah klik Finish, maka pada desktop akan muncul satu icon PCMAV dengan nama yang kita masukkan tadi.

Cara dengan membuat shortcut ini adalah yang paling efektif, karena untuk penggunaan selanjutnya tinggal mengklik shortcut tersebut, dan jika parameter yang digunakan akan diubah, maka tinggal klik kanan icon tersebut dan pilih Properties, kemudian edit parameter yang akan digunakan.

Contoh-contoh penggunaan parameter pada PCMAV tersebut diambil berdasarkan penggunaan pada Windows XP. Untuk Windows versi lainnya, ada kemungkinan perlu sedikit penyesuaian-penyesuaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">

CommentLuv badge